97 Tahun Perjalanan PT. Chevron Pacific Indonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1924. Perusahaan ini merupakan multinational company yang merupakan anak perusahaan dari Chevron Corporation dengan pusatnya di San Ramon, USA dan mengelola salah satu Blok Migas terbesar di Indonesia yaitu Blok Rokan di propinsi RiauSejak kemerdekaan Republik Indonesia, perusahaan ini merupakan penghasil produksi minyak terbesar di Indonesia hingga tahun 2019 posisi-nya tergeser oleh ExxonMobil Cepu dengan produksinya dari Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur.

Pada tanggal 9 Agustus 2021 nanti, pengelolaan Blok Rokan akan dialihkan kepada PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) setelah dikelola selama lebih dari 97 tahun oleh PT. CPI. Saat ini, PHR mengelola Wilayah Kerja dan Asset Hulu yang ada di Wilayah Sumatera yang dikenal dengan Regional 1 – Sumatera Subholding Upstream. Menurut data Kementerian Keuangan, aset Blok Rokan mencapai Rp 98 triliun. Secara terperinci, aset tersebut dari tanah senilai Rp 71,74 miliar,  harta benda inventaris senilai Rp 15,94 miliar, harta benda modal senilai Rp 96,08 triliun, dan material persediaan senilai Rp 1,6 triliun.

Apa Kontribusi PT. Chevron Pacific Indonesia di tanah air selama lebih dari 97 Tahun ?

 

Milestone Perjalanan PT. Chevron Pacific Indonesia

Sumber : Website Chevron Indonesia

Dua Lapangan Minyak Terbesar di Blok Rokan

Ada 2 lapangan minyak penghasil minyak mentah di Blok Rokan, yaitu Lapangan Minas dan Lapangan Duri. Lapangan Duri menggunakan Teknologi injeksi uap (steamflood) untuk memproduksi minyak mentah sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu proyek pengembangan steamflood terbesar di dunia dengan lebih dari 5000 sumur.

Lapangan Minas menggunakan teknologi injeksi air panas (waterflood) untuk memproduksi minyak mentah dan telah memproduksi minyak hingga 4,5 miliar barel minyak sejak mulai berproduksi pada 1970-an. Lapangan Minas merupakan lapangan minyak terbesar di Asia Tenggara.

 

Ada 3 bangunan di Riau yang merupakan legacy dari PT. Chevron Pacific Indonesia

1. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru  (SMAN 1 PKU)

2. Jembatan Siak

3.  Politeknik Caltex Riau

Sumber foto : riauonline.co.id, riaupos.jawapos.com, ranahriau.com, tribunnewswiki.com, pcr.ac.id

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!