Wakaf & Warisan

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

Level tertinggi dalam Piramida Perencanaan Keuangan adalah Wakaf & Warisan yang merupakan bagian dari Wealth Distribution.

Secara etimologis Wakaf berasal dari kata waqafa-yaqifu-waqfan yang mempunyai arti menghentikan, menahan atau diam ditempat.

Secara terminologis para ulama fiqh (imam mazhab) memberikan definisi wakaf berbeda beda sehingga berbeda pada hakikat wakaf tersebut.

MENURUT UNDANG UNDANG RI NO 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF

“Adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut Syariah”.

Mengapa kita Ber-WAKAF ?

Dari Abu Hurairah ra., sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda : “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka putuslah amalnya, kecuali tiga perkara :
Shadaqah jariyah (Wakaf), Ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya”. (HR. Muslim)

JENIS WAKAF KONTEMPORER

  1. WAKAF UANG
  2. WAKAF ASSET
  3. WAKAF WASIAT
  4. WAKAF MELALUI ASURANSI SYARI’AH
  5. WAKAF PASAR MODAL (REKSADANA & SUKUK)

 

Perencanaan waris atau biasa disebut dengan estate planning menjadi salah satu hal penting dalam perencanaan keuangan seperti hal-nya dana darurat dan investasi.

Perencanaan waris adalah suatu proses pendistribusian atau memindahkan kekayaan (asset) dan kewajiban seseorang kepada ahli waris yang sah secara hukum.

Perencanaan waris sebaiknya disusun ketika memasuki usia produktif dan sudah mulai stabil dalam hal keuangan.

Adanya perencanaan waris, seluruh asset atau harta yang dimiliki dapat diberikan dengan jumlah yang tepat kepada keluarga sesuai ketentuan dan hukum yang berlaku dan memastikan pembiayaan hidup mereka setelah ditinggalkan. Terutama apabila ahli waris adalah anak-anak yang masih kecil atau belum dewasa.

Menyusun perencanaan waris sedini mungkin dapat juga mengantisipasi adanya kesulitan-kesulitan di masa depan. Pembagian waris tidak semudah membagi-bagi infaq atau sedekah. Secara administratif banyak yang harus diperhatikan dalam proses pemindahan hak atas harta. (Referensi)

#semuamampusejahtera
#financialplanning
#perencanaankeuangan

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!